Jumat, 04 Mei 2012

Pendidikan Karakter

Pendidikan sebagai wahana mencetak generasi-generasi berkualitas ternyata masih menjadi sorotan publik. hal ini karena harapan akan lahirnya manusia-manusia berkualitas dari dunia pendidikan yang tidak hanya berintelektual tinggi tapi juga berkepribadian baik belum mampu dijawab oleh dunia pendidikan kita saat ini. berangkat dari keprihatinan masyarakat tersebut, dunia pendidikan terus berbenah untuk membawa mimpi-mimpi masyarakat ke dunia nyata.
sekolah menjadi tempat bertumpunya.... harapan besar tersebut, sebagai lembaga yang terorginisir, sekolah memiliki peran penting mencetak generasi-generasi yang berkualitas tidak hanya dalam bidang intelektual melainkan juga kepribadian atau perilaku moral yang baik. dengan tugas sekolah yang berat tersebut setidaknya peran dari berbagai pihak pun sangat menentukan keberhasilannya, baik dari orang tua maupun lingkungan sekitar. oleh karena itu, untuk mencetak generasi berkualitas perlu kerjasama yang solid antara sekolah, orang tua dan lingkungan tempat peserta didik berinteraksi.
berbagai upaya telah dilakukan oleh sekolah untuk menunjang kebeehasilan pendidikan yang digerakkannya. namun tanpa kerjasama diantara tiga aspek tersebut dirasa usaha sekolah belum maksimal untuk benar-benar mempu membawa para siswannya menjadi manusia berkualitas baik dalam aspek intelektual lebih jauh lagi dalam aspek perilaku/moral.
dengan kekhawatiran tersebut, saat ini dunia pendidikan kembali berbenah dan menawarkan satu solusi "pendidikan karakter" secara bahasa sangat mudah dipahami bahwa pendidikan kita saat ini mulai mengarahkan peserta didiknya pada kecerdasan perilaku, dunia pendidikan yang selama ini hanya berorientasi pada intelektual dirasa kurang memberikan andil dalam perilaku sosial masyarakat, sehingga diperlukan kurikulum baru dengan lulusan yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan dalam bersosial khususnya dalam pergaulan.
pendidikan karakter yang ditawarkan dunia pendidikan saat ini kita harapkan benar-benar mampu menjadi jembatan utama untuk dunia pendidikan dalam mencetak manusia-manusia berkualitas baik dalam intelektualnya terutama lagi perilakunya.
selain itu, hal penting yang perlu diperhatikan dalam mensukseskan kurikulum ini adalah akhlak/perilaku pendidik baik di sekolah maupun di luar sekolah harus banar-benar mampu menempatkan dirinya sebagai teladan yang baik bagi peserta didiknya. contoh kecil misalnya ketika melihat sampah, guru tidak usah bertanya "ini siapa yang membuang" tapi jadi contoh dengan mengambil dan membuag sampah tersebut pada tempatnya. jika hal ini dibiasakan lambat laun anak-anak atau siswa yang memperhatikan akan dapat menirukannya. jika kebiasaan ini dibudayakan kelak guru tidak akan lagi memerintah muridnya hanya untuk sekedar memungut sampah. dan masih banyak lagi contoh perilaku yang bisa diberikan guru sebagai teladan dalam proses pendidikan.
harapan kita, maju terus dunia pendidikan
cetaklah generasi-generasi berintelektual dan berakhlak
jadilah pendobrak SDM yang berkualitas

Tidak ada komentar: